Kajian Agama Tugumulyo Musi Rawas

Info pertama yang saya cari sebelum saya pulang kampung adalah jadwal dan tempat kajian. Kajian menjadi prioritas hidup karena menjaga ruh dari keinginan berbuat maksiat atau kerusakan. Selain itu, bagi yang mengikuti grup liqo, menghadiri kajian termasuk salah satu penilaian dalam muamalah mingguan. 

Banyak informasi mendalam yang bisa diperoleh dari menghadiri kajian. Menghadiri kajian lebih utama daripada mendengarkan lewat televisi karena bisa sekaligus silaturahmi dan mengenal lebih dekat lingkungan sekitar. 

Saya contohkan ketika saya menghadiri kajian di masjid sabilillah yang terletak di kampung triwikaton. Saya bisa bertemu dan bersalaman dengan ibu-ibu tetangga yang jarang bertemu satu sama lain karena kesibukan masing-masing. Saya juga bisa mengetahui kondisi jalan menuju masjid sabilillah. Mohon maaf memang terlihat tidak terurus. 

Kajian di masjid sabilillah ini biasa disebut pengajian ibu-ibu karena semua peserta adalah para ibu yang telah memiliki anak. Berlangsung pada sabtu sore. Dimulai dari jam 14.00 wib dan selesai sekitar jam 16.00 wib. Acara diawali dengan mengaji secara bergiliran oleh semua peserta pengajian kemudian dilanjutkan ceramah agama oleh seorang ustadz dan ditutup dengan sholat ashar secara berjamaah. Lalu diakhiri dengan bersalaman antara peserta pengajian. Sungguh indah silaturahmi yang seperti ini. 

Pada hari sabtu kemarin, saya menangkap beberapa materi agama islam yaitu semua harta tidak dibawa mati. Usaha menuntut ilmu agama lebih diutamakan, tidak apa-apa datang dengan berjalan kaki apalagi berjalan kaki termasuk olahraga dapat membuat badan sehat. 

Penulis:

fb: indah dewii ridawati

Tinggalkan komentar